Covid-19 disebabkan oleh virus SARS-COV2. Virus ini dapat menular melalui droplet (cairan atau cipratan liur yang dikeluarkan seseorang dari hidung atau mulut saat bersin, batuk atau berbicara). Oleh karena itu kita diwajibkan untuk memakai masker dengan benar, jaga jarak minimal 2 meter, rutin cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer. Masker dapat melindungi  kita dari droplet yang dikeluarkan orang lain. Orang yang bersin dapat mengeluarkan droplet sampai jarak kurang lebih 2 meter oleh karena itu kita perlu jaga jarak minimal 2 meter untuk menghindari droplet dari orang yang bersin.  Sejumlah virus dan bakteri  yang ada ditangan akan mati jika kita mencuci tangan dengan benar.

Gejala orang yang positif covid-19 berbeda-beda, pada umumnya gejalanya pilek, batuk, nyeri tenggorokan, demam, indera penciuman hilang, indera perasa hilang, sesak napas. Tetapi ada juga yang tanpa gejala yang biasa disebut Orang Tanpa Gejala (OTG) atau kasus konfirmasi tanpa gejala. OTG sangat berbahaya karena dapat menularkan ke orang lain, oleh karena itu OTG harus isolasi mandiri di rumah. Apabila ada orang yang positif covid-19, pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik, memisahkan diri dari keluarga (dipisahkan dikamar tersendiri, kalau bisa kamar mandi juga sendiri), makan makanan bergizi, tetap olahraga meskipun didalam kamar sendirian, jangan stress (karena stress akan menurunkan imunitas tubuh), dan mendekatkan diri dengan Allah SWT. Sampai saat ini belum ada obat khusus untuk covid-19, obat yang diberikan disesuaikan dengan gejala atau komorbid (penyakit bawaan seperti  kencing manis, penyakit autoimun/lupus, penyakit ginjal, penyakit jantung, hipertensi, TBC, penyakit paru obstruktif kronis dan penyakit kronis lainnya).

Dimanapun kita berada, harus menerapkan protokol kesehatan (Prokes) seperti memakai masker dengan benar, jaga jarak, rutin cuci tangan, jangan berkerumun. Jangan pernah kendor untuk selalu menerapkan Prokes.