Kamis, 19 Juli 2018, Serombongan tamu dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) didampingi bagian Ortala Setda Kabupaten Purbalingga hadir di RSUD dr. R Goeteng Purbalingga guna meninjau dan layanan inovasi pendaftaran on-line RSUD dan melakukan pengukuran dampak inovasi tersebut. Pasalnya, layanan pendaftaran on-line ini menjadi salah satu Inovasi Administrasi Negara (INAGARA) di Kabupaten Purbalingga. LAN telah menjaring INAGARA dari 16 inovasi menjadi 6 inovasi terpilih yang dilakukan pendalaman lebih lanjut, termasuk salah satunya adalah Pendaftaran On-line RSUD.

Sebelumya tim dari LAN telah melakukan FGD dengan pihak RSUD untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait pelaksanaan inovasi, dokumen pendukung, dan system pengelolaannya. Setelah melakukan FGD, tim melakukan wawancara kepada pengguna layanan pendaftaran on-line untuk melihat sejauh mana program inovasi ini berdampak pada masyarakat. Tim melakukan wawancara dengan bapak M. Indra Cahyadi, salah satu pengguna layanan pendaftaran on-line. Laki-laki berusia sekitar 70 tahun ini memanfaatkan program inovasi secara langsung menggunakan hp miliknya. Bapak ini menuturkan bahwa dia mendaftar online pada hari selasa dini hari pukul 00.09 wib. menurutnya layanan online ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena tidak perlu lagi antrian panjang di loket pendaftaran. Bapak ini mengetahui layanan on-line dari standing banner yang ada di RSUD dr R Goeteng Taroenadibrata.

Di kesempatan lain, tim juga mewawancarai bapak Samiarjo Mian , salah satu pasien di klinik mata yang juga memanfaatkan layanan pendaftaran on-line. Dia menuturkan bahwa pendaftaran on-line ini dilakukan oleh anaknya. Setiap berobat ke RSUD dia menggunakan layanan ini, karena sudah tidak perlu antri lagi dipendaftaran, berbeda dengan waktu dulu dia harus rela berangkat lebih pagi agar mendapatkan nomor antrian pendaftaran lebih awal.

Tim dari LAN menyampaikan bahwa program inovasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, apalagi cara menggunakannya sangat mudah, terbukti bahwa pasien lanjut usia dapat memanfaatkan sendiri aplikasi pendaftaran on-line dengan baik. Tim dari LAN berharap agar program inovasi ini tetap berjalan dan dapat dikembangkan lagi sesuai kebutuhan.