PURBALINGGA, HUMAS – Sebanyak 73 pasien mengikuti operasi katarak gratis di RSUD dr Goeteng Tarunadibrata (RSGT) yang diselenggarakan dalam rangka HUT TNI AU ke-66. Dari 73 pasien ini, 90 persennya berasal dari Purbalingga dan selebihnya dari Kabupaten Banjarnegara.

operasi katarak
“Sedianya ada 300 pasien yang mendaftar. Tapi, karena kondisi kesehatan pasien yang tidak memungkinkan dan banyaknya pasien yang tidak hadir pada pelaksanaan, hanya tersisa 73 pasien,” jelas Komandan Lapangan Udara (Danlanud) Wirasaba Mayor Pnb Arief Sudjatmiko didampingi Direktur RSGT dr Nonot Mulyono MKes, dan Asisten Pemerintahan Kodadiyanto selaku Ketua Dewan Pengawas RSGT, Sabtu (6/4).
Operasi Katarak ini menjadi salah satu dari serangkaian kegiatan sosial yang diselenggarakan Lanud Wirasaba dalam rangka HUT TNI AU ke-66. Sebelumnya, pada tanggal 2 April lalu, telah dilaksanakan pengobatan gratis di Lanud Wirasaba yang diikuti 900-an pasien, pengobatan gigi gratis yang diikuti 200-an pasien dan khitan massal yang diikuti 42 anak. Tak hanya itu, dalam kegiatan sosial ini juga terkumpul 100 kantung darah dalam aksi donor darah yang diikuti 200-an orang.
“Puncak acara akan dilakukan 9 April besok, berupa upacara di Lanud Wirasaba yang akan dimeriahkan atraksi akrobatik pesawat tempur,” ujar penerbang pesawat Fokker – 27 di Mabes TNI AU yang menerima jabatan Danlanud Wirasaba, awal Januari 2013 lalu.
Percepatan Bandara Komersil
Meski baru menjabat Danlanud Wirasaba kurang lebih 3 bulan, Arief mengaku ingin membuat banyak gebrakan baru di lanud yang disebut-sebut akan menjadi bandara komersil ini. Rangkaian kegiatan sosial ini menjadi titik awal gebrakan yang dimaksud.
“Saya ingin Lanud Wirasaba lebih dikenal dan dekat dengan masyarakat. Setelah itu, kita fokus pada percepatan menuju bandara komersil,” katanya. Tanpa merinci percepatan apa yang dimaksud. (Humas/cie)