OSTEOPOROSIS

 osteoporosis

Adalah :

penyakit tulang yang ditandai dengan rendahnya masa tulang akibat kalsium dan elemen dari tulang berkurang secara abnormal sehingga tulang menjadi rapuh, keropos dan mudah patah. Osteoporosis bukan hanya berkurangnya kepadatan tulang tetapi juga penurunan kekuatan tulang.

 

Penyebab :

?     Osteoporosis postmenopausal : terjadi karena kekurangan estrogen (hormon utama pada wanita), yang membantu mengatur pengangkutan kalsium ke dalam tulang pada wanita.

?     Osteoporosis senilis : akibat dari kekurangan kalsium yang berhubungan dengan usia dan ketidakseimbangan diantara kecepatan hancurnya tulang dan pembentukan tulang yang baru. Senilis berarti bahwa keadaan ini hanya terjadi pada usia lanjut. Penyakit ini biasanya terjadi pada usia diatas 70 tahun dan 2 kali lebih sering menyerang wanita.

?      Osteoporosis Sekunder : Disebabkan oleh keadaan medis lainnya atau oleh obat-obatan. Penyakit osteoporosis bisa disebabkan oleh gagal ginjal kronis dan kelainan hormonal (terutama tiroid, paratiroid dan adrenal) dan obat-obatan. Pemakaian alkohol yang berlebihan dan merokok bisa memperburuk keadaan osteoporosis.

?     Osteoporosis juvenil idiopatik : Osteoporosis juvenil idiopatik merupakan jenis osteoporosis yang penyebabnya tidak diketahui. Hal ini terjadi pada anak-anak dan dewasa muda yang memiliki kadar dan fungsi hormon yang normal, kadar vitamin yang normal dan tidak memiliki penyebab yang jelas dari rapuhnya tulang.

 

Tanda dan Gejala Osteoporosis :

?     Patah tulang

?     Punggung yang semakin membungkuk

?     Hilangnya tinggi badan

?     Nyeri punggung

 

 

Faktor Resiko Osteoporosis :

?     Wanita

Osteoporosis lebih banyak terjadi pada wanita.

?     Usia

Pada usia 75-85 tahun, wanita memiliki risiko 2 kali lipat untuk terkena osteoporosis.

?     Ras/Suku

Ras kulit putih atau keturunan asia memiliki risiko terbesar, disebabkan secara umum konsumsi kalsium wanita asia rendah.

?     Keturunan Penderita osteoporosis

Jika ada anggota keluarga yang menderita osteoporosis, maka berhati-hatilah.

?     Mengkonsumsi Obat

Obat anti peradangan pada penyakit asma dan alergi ternyata menyebabkan risiko penyakit osteoporosis. Obat heparin dan anti kejang juga menyebabkan penyakit osteoporosis.

?     Kurus dan Mungil

Perawakan kurus dan mungil memiliki bobot tubuh cenderung ringan misal kurang dari 57 kg, padahal tulang akan giat membentuk sel asal ditekan oleh bobot yang berat, sehingga bobot yang ringan dapat meningkatkan resiko terkena osteoporosis.

?     Gaya Hidup Kurang Baik

  1. Konsumsi daging merah dan minuman bersoda
  2. Minuman berkafein dan beralkohol
  3. Malas Olahraga
  4. Merokok
  5. Kurang Kalsium

 

Perawatan/Pencegahan Osteoporosis :

?     Asupan kalsium cukup

?     Paparan sinar UV B matahari (pagi dan sore)

?     Melakukan olah raga dengan beban

?     Gaya hidup sehat

?     Hindari obat-obatan tertentu

?     Mengkonsumsi obat (untuk beberapa orang tertentu)

 

Disampaikan Oleh :

Tim PKRS R. Dahlia

Rs. Dr. R. Goeteng Tarunadibrata Purbalingga

2012